Segmentasi Pasar

Ini adalah materi kuliah keempat tentang dasar-dasar periklanan. Dalam posting kali ini, terdapat dua bagian materi. Yang pertama tentang segmentasi pasar, dan kedua tentang advertising LAGI. Check it out, guys 

SEGMENTASI PASAR

Segmentasi pasar merupakan sebuah tim pemasaran dan periklanan selalu membantu situasi pasar produk tertentu untuk melihat seberapa jauh tingkat kepuasan konsumen. Dalam kekuatannya, segmentasi pasar merupakan salah satu solusinya.

Tujuan segmentasi pasar adalah produsen merancang bauran pemasaran yang lebih tepat dalam menjawab kebutuhan para konsumen di pasar tertentu.
Metode segmentasi pasar dan variabelnya :
1. Demografis : usia, gender, ukuran keluarga, tahap siklus, hidup keluarga, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, agama, ras atau kebangsaan.
2. Geografis : daerah, ukuran populasi, kepadatan, iklim.
3. Behavioristis : manfaat-manfaat yang dicari, penggunaan volume, loyalitas produk.
4. Psikografis : gaya hidup, kepribadian.

– Segmentasi Demografis
Memakai acuan ‘segmentasi demografis’ bagi para pemasar, dikarenakan mereka seringkali terkait erat dengan kebutuhan dan perilaku beli konsumen serta dapat langsung diukur.

Contoh kasus demografis etnis :
• Produsen KRAFT dari Philip Morris meluncurkan serangkaian produk baru berupa keripik kentang ‘VELVEETA’ yang dikhususkan bagi etnis Hispanik di Amerika.
• Produsen mobil Eropa ‘CHRYSLER’ memasarkan penjualannya kepada kaum Afro Amerika.
Contoh kasus demografis ukuran keluarga :
• Produsen mobil Toyota Kijang ‘Kapsul’ membidik pasarnya di Indonesia untuk mayoritas konsumen yang sudah berkeluarga.
Contoh kasus demografis gender :
• Produsen motor Honda ‘Vario’ memposisikan Agnes Monica sebagai sosok wanita modern yang selalu menggunakan motor skutik Vario untuk aktivitasnya.
Contoh kasus demografis pendapatan :
• Produsen telepon merek ‘CERIA’ membidik sasaran masyarakat menengah bawah sebagai target sasarannya dalam memenuhi kemudahan berkomunikasi bagi masyarakat menengah ke bawah.

– Segmentasi Geografis (Tata Letak)
Masyarakat suatu wilayah negara memiliki kebutuhan dan perilaku yang berbeda dengan mereka yang berada di wilayah lain.

Contoh kasus geografis iklim :
• Jumlah penjualan air conditioner di Asia Tenggara jauh lebih besar dibanding negara Eropa dikarenakan cuaca panas dalam negara masing-masing.

– Segmentasi Behavioristis (Tingkah Laku)
Para perusahaan dapat membagi sebuah pasar menjadi kelompok menurut manfaat yang mereka cari, penggunaan volume, dan loyalitas merek.

– Segmentasi Psikografis
Yang dimaksud dengan segmentasi demografis disini adalah segmentasi didasarkan pada gaya hidup atau kepribadian. Penentuan gaya hidup itu sendiri didasarkan pada kegiatan analisis kegiatan, minat dan opini (activities, interest, opinion AIO). Pada dasarnya kepribadian yang konsisten akan melahirkan sebuah gaya hidup.

Contoh segmentasi psikografis :
• Rokok Marlboro mengambil segmentasi psikografis rokok seorang laki-laki, berpetualang, dan penuh tantangan.
• Produk handphone Nokia 8880 membidik sasaran eksklusif dalam produknya dan bentuknya.
JENIS-JENIS PASAR
Sebuah kata pasar biasanya berarti tempat dimana terjadi pertukaran antara penjual dengan pembeli, dalam hal ini pasar yang kita bicarakan berarti daerah dimana barang-barang dijual terdiri dari berbagai macam tipe pembeli.
Ada 4 tipe pasar yaitu :
1. Consumer
2. Business to business
3. Institutional
4. Reseller

Consumer Market (Pasar Konsumen)
Pasar konsumen terdiri dari orang-0rang yang membeli produk dan servis untuk keperluan pribadi atau keperluan keluarga atau sehari-hari.
Business to Business (Bisnis ke Bisnis)
Perusahaan-perusahaan yang membeli produk untuk digunakan sebagai operasional produksi mereka.
Institutional Market (Pasar Institusi)
Pasar yang terdiri dari perusahaan laba dan non laba dari variasi yang luas seperti contohnya rumah sakit, sekolah, dan lembaga pemerintah yang menyediakan keperluan masyarakat.
Reseller (Pengecer)
Pengecer merupakan faktor tengah berupa distributor atau pengecer itu sendiri yang membeli produk setengah jadi maupun jadi untuk dijual kembali dan mengambil keuntungan darinya.

ADVERTISING

Advertising berasal dari kata :
– Ad-vertere : mengalihkan suatu pandangan.
– Reklame (Latin) : re (diulang atau lagi) dan clamo (berteriak atau berseru), jadi arti dari reklame adalah seruan yang berulang-ulang.
– I’lan (Arabic) : pengumuman.
Secara garis besar, advertising memberi iklan informasi tentang produk atau jasa tertentu sehingga konsumen dapat menjatuhkan pilihan yang relevan.
No advertising No chooising No buying
IKLAN merupakan penyampaian suatu gagasan, produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak sasaran melalui media massa dan mengharapkan hasil atau keuntungan tertentu, serta memiliki sponsor yang jelas.
Jenis-jenis Iklan :
1. Iklan Komersial
Iklan komersial merupakan iklan yang bertujuan mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa. Biasanya disebut dengan commercial. Iklan komersial biasanya dikomunikasikan melalui media-media konvensional maupun new media.

2. Iklan Non Komersial
Iklan non komersial banyak jenisnya (iklan lowongan pekerjaan, duka cita, orang hilang, dan lain-lain). Iklan non komersial merupakan bagian dari kampanye social marketing yang bertujuan ‘menjual’ gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat (public service).
Iklan jenis ini biasanya disebut Iklan Layanan Masyarakat (ILM) atau Public Servie Advertising (PSA). Pesannya berupa ajakan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum atau mengubah kebiasaan atau perilaku masyarakat ‘yang tidak baik’ menjadi baik.

3. Iklan Corporate
Iklan corporate merupakan iklan yang bertujuan untuk membangun citra (image) suatu institusi atau perusahaan dengan tujuan komunikasi membangun citra positif atas jasa atau produknya. Kampanye iklan corporate idealnya dilakukan simultan bersama kampanye PR. Iklan corporate baru akan efektif bila didukung dengan fakta-fakta yang kuat, yang mempunyai nilai berita dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan tertentu yang berorientasi pada kepentingan masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat.

Written by : Epricilia – 915100205
28 September 2011

Advertisements

One thought on “Segmentasi Pasar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s