POSITIONING

POSITIONING

Menurut Ries dan Trout, era periklanan dibagi menjadi tiga :
1. Masa Product Oriented

Memusatkan ide kreatif pada karakteristik dan fitur produk.
Pengembang teori ini adalah Rosser Reeves dari biro iklan Ted Bates, kemudian berkembang menjadi USP (Unique Selling Preposition). Istilah era ini dikenal dengan Brand Positioning atau Product Positioning.

2. Masa Image Oriented

Memusatkan ide kreatif pada citra produk di dalam taraf kehidupan masyarakat.
Pengembang teori ini adalah David Ogilvy. Istilah era ini dikenal dengan Brand Image.

3. Masa Positioning Oriented

Memusatkan citra produk dalam benak pikiran masyarakat.
Pengembang teori ini adalah Al Ries dan Jack Trout. Istilah era ini dikenal dengan Positioning Product.

POSITIONING

Merupakan penempatan suatu nama atau merek produk di benak konsumen sehingga nama tersebut akan selalu diingat oleh konsumen.
Pesan yang selalu hilang dalam benak pikiran konsumen disebabkan karena banyaknya produk yang telah diciptakan, setiap produk saling merebut tempat dalam otak konsumen.
Cara mudah untuk masuk dalam pikiran seseorang adalah dengan menjadi yang pertama (LEADER).

Cara sulit untuk masuk dalam pikiran seseorang adalah dengan menjadi yang kedua.

Jika Anda tidak dapat menjadi yang pertama dalam kategori tertentu, tentukanlah kategori baru yang membuat Anda dapat menjadi yang pertama.
Manusia normal umumnya hanya memiliki kapasitas mengingat 7 nama saja. Hal ini dikemukakan oleh Dr. George A Miller. Sama halnya dengan merek, kapasitas untuk manusia normal hanya mampu mengingat 7 merek.


POSITIONING PEMIMPIN

Ketika pemimpin pasar bukan menjadi yang pertama dalam kategori baru. Suatu produk baru biasanya hanya menjadi produk pendamping.
Satu hal yang membuat seorang pemimpin ada adalah para pengikutnya. Para pemimpin tidak seharusnya mengusir para pesaingnya dari bisnis. Mereka membutuhkan pesaing untuk menciptakan sebuah kategori.
Dalam ketidakstabilan pasar ada beberapa kategori dua buah merek yang saling susul menyusul.

Kekuatan sebuah produk bukan berasal dari kekuatan organisasi.
Kekuatan sebuah organisasi berasal dari kekuatan produk.
Pemimpin pasar yang cermat akan segera menutup lahan pemasaran dengan produknya. Bahkan menutup dengan berbagai macam merek baru untuk menghadapi pesaingnya.

POSITIONING PENGIKUT

Positioning pengikut timbul karena pola pikir kita yang sudah terpola sebelumnya oleh cara-cara yang sudah biasa.
Norman Vincent Pale berkonsep kita sulit berpikir tentang positioning karena tidak pernah berpikir dengan arah yang berlawanan.
Berpikir berlawanan arah dengan arah yang umum, maka kita akan menemukan sebuah ‘Celah’ dalam pikiran konsumen. Salah satunya adalah dengan berpikir ‘Celah Harga Mahal’ dengan mempertimbangkan mutu dan cocok untuk produk lama.

Tujuan positioning dengan harga mahal :
1. Menjadi yang pertama bagi konsumen
2. Untuk menampilkan posisi harga yang tinggi
3. Bercerita tentang produk yang kuat
Harga yang lebih tinggi lebih cocok ditempatkan dalam iklan bukan pada sebuah toko (harga tinggi atau rendah lebih menggambarkan produk dan pada apapun juga).

Written by : Epricilia – 915100205
06 Oktober 2011

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s