Brand Introducing

Pengenalan Brand / Merek

Merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi hal-hal tersebut yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari seseorang atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari produk pesaing (Kolter, 1998)

Enam pengertian merek / brand :

1. ATRIBUT → Merek meningkatkan pada atribut-atribut tertentu. Misalnya Mercedez menyatakan sesuatu yang mahal, dibuat dengan baik, terancang dengan baik, tahan lama, bergengsi tinggi, dan lain sebagainya.
2. MANFAAT → Pelanggan tidak membeli atribut tetapi manfaat. Atribut diperlukan untuk diterjemahkan menjadi manfaat fungsional / emosional. Misalnya mobil ini membuat saya bergengsi dan dihargai.
3. NILAI → Merek juga menyatakan sesuatu tentang nilai produsen. Jadi, Mercedez berarti berkinerja tinggi, aman, bergengsi, dan lain sebagainya.
4. BUDAYA → Merek juga mewakili budaya tertentu, yaitu terorganisasi, efisien, dan berkualitas merupakan budaya Jerman.
5. KEPRIBADIAN → Merek juga mencerminkan kepribadian tertentu. Kadang merek mengambil dari sebuah kepribadian seseorang.
6. PEMAKAI → Merek juga menunjukkan konsumen yang membeli atau menggunakan produk tersebut, diasosiasikan dengan seorang presiden direktur.

Strategi kuat membangun Brand / Merek :
Menurut Denise Barnwell seorang penulis buku “How to be Distinctive and Remarkable in What You Do and How You Do It”, ada 5 langkah strategi dalam membangun merek pribadi yang kuat, yaitu :

1. Temukan target Anda
Tidak semua pelanggan cocok dengan kriteria target Anda. Sebuah kesalahan besar ketika Anda tidak membuat rincian mengenai gambaran target seperti apa kriteria pelanggan Anda. Temukan segera pelanggan yang sesuai dengan target tujuan Anda.
2. Kenali persaingan Anda yang sebenarnya
Tidak peduli dengan siapa Anda bersaing pastikan Anda menentukan pembeli akan membeli dari Anda karena produk Anda sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Brand SWOT, kenali SWOT Anda.
3. Temukan point perbedaan Anda
Hanya sebuah dongeng belaka yang bercerita tentang marketing yang hebat adalah ketika merek Anda menjadi unik. Anda tidak perlu menjadi unik. Tetapi Anda hanya perlu tampil beda melawan dunia persaingan dan gambaran sisi produk menempel pada target Anda. Kenali salah satu dari tiga unsur point Anda yang berbeda dan tunjukkan kepada target Anda.
4. Ciptakan rencana merek pribadi Anda dalam pemasaran
Bawa merek pribadi Anda dalam hidup dengan cara bagaimana mengkomunikasikan secara verbal, dalam tulisan dan gambaran umum.
5. Tulislah pernyataan merek pribadi Anda
Strategi ini akan menarik bersama-sama yang merupakan akibat tiga langkah berikut. Tulislah satu paragraf dan tiga pertanyaan bahwa : (1) Gambarlah target pelanggan Anda dan apa yang mereka inginkan (2) Pertandingan Anda yang sebenarnya merupakan figur referensi (3) Point Anda adalah berbeda. Pernyataan ini akan menjadi identitas merek pribadi Anda. Hal ini akan menjadi sebuah catatan pribadi Anda bukan suatu hal yang harus Anda katakan kepada siapa saja.

Delapan pertanyaan penting dalam membentuk nama merek yang berkualitas menurut Kaye Marks, ahli periklanan Amerika dalam membangun sebuah merek pribadi :

1. Bentuk bisnis seperti apakah yang Anda miliki sekarang ? Apakah Anda punya tempat di benak masyarakat ?
2. Seperti apakah produk dan pelayanan Anda ?
3. Berapa lama Anda sudah beroperasi untuk menghasilkan produk ini ?
4. Apakah Anda mempunyai pesaing ? Jika Ya, siapakah mereka ?
5. Siapakah target market Anda ?
6. Bagaimana target klien melihat Anda ? Seperti apakah bisnis yang Anda lakukan saat ini ?
7. Apakah tujuan dan cita-cita produk Anda ?
8. Apakah Anda selalu intensif bergabung dalam kelompok target market Anda ?

Tips untuk pembuatan brand image atau minimal untuk pembuatan logo perusahaan :

1. Tentukan target pelanggan yang berarti mengetahui demografisnya (usia, jenis kelamin, lokasi tempat tinggal, pola dan kemampuan konsumsi)
2. Tentukan aspek-aspek unggulan dari bisnis yang hendak disampaikan pada citra perusahaan.
3. Salah satu tips shortcut untuk memudahkan pengembangan brand image ini juga dapat dengan mengamati brand dari pesaing ataupun brand yang telah berkembang baik dengan jenis produk dan konsep yang mirip dengan usaha yang hendak dibina, dari sana dapat dikembangkan / ditambahkan detail baru agar merek Anda menjadi lebih unik.
4. Merek tidak harus selalu rumit dan canggih, bila Anda perhatikan banyak merek dari produk atau perusahaan yang telah dikenal menggunakan gaya eksekusi mereknya yang sangat sederhana hingga berunsur retro / vintage (beberapa bahkan menerapkan ‘hand sketch style’) untuk menekankan bahwa perusahaan menggunakan bahan baku dan proses alami yang turun temurun, yang pada gilirannya akan meningkatkan loyalitas konsumen.
5. Bila Anda tidak menguasai desain grafis, maka dapat meminta bantuan rekan atau designer. Jangan lupa menyampaikan konsep apa yang ingin ditekankan atau berikan beberapa contoh referensi merek acuan. Jadi janganlah membiarkan designer yang menentukan aspek-aspek yang sebenarnya bisa menjadi keunggulan kompetitif Anda.
6. Bila setelah sekian waktu, terjadi beberapa perubahan dalam usaha, misalnya perubahan produk utama ataupun skala usaha, bukan tidak mungkin merek dapat diubah atau dirancang ulang demi menyesuaikan dengan perubahan yang telah terjadi.

Sebuah merek atau brand image baik disadari ataupun tidak akan dapat menjadi identitas dan cerminan dari visi, kesungguhan, standar kualitas, pelayanan, dan komitmen dari pelaku usaha atau pemiliknya sehingga akan sangat baik bila Anda merencanakannya secara cermat.

Ini adalah postingan terakhir karena mata kuliah dasar-dasar periklanan juga sudah berakhir. Mungkin lain waktu akan saya isi dengan materi kuliah lainnya, sehingga blog ini tidak stuck untuk materi Dasar-dasar Periklanan saja. Buat yang baca semoga bermanfaat  Sekian dan terima kasih, Bapak Dosen. God bless you.

Written by : Epricilia – 915100205
Thursday, 8 December 2011

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s